Tumor Jinak Di Kulit

Siapa yang tidak takut mendengar penyakit tumor? Pada umumnya, orang akan merasa ngeri jika mendengarnya. Sebenarnya ada tiga jenis tumor, yaitu tumor jinak, bakal kanker dan tumor ganas. Tumor jinak pada kulit ada yang berupa keratosis seboroik dan berupa tahi lalat. Keratosis seboroik berupa bintik-bintik yang menyebar di wajah atau bagian tubuh yang lain.

Tumor jinak berupa keratoris seboroik ini terjadi karena penebalan kulit ari. Bentuknya berupa bintik kecil yang terdapat di wajah, terutama di pelipis, di leher atau bagian tubuh lainnya. Benjolan ini tidak nyeri dan tidak gatal serta biasanya merupakan faktor keturunan. Jika kakek-nenek atau ayah-ibu memiliki kelainan ini, maka ada kemungkinan kita juga mengalaminya.

Keratoris seboroik pada umumnya tidakĀ  berbahaya, namun bisa tumbuh atau semakin besar karena pertambahan usia. Penyebab lain tumor jinak ini tumbuh adalah seringnya kulit terkena paparan sinar matahari, pengaruh perubahan hormon (hamil, suntik KB atau pil) dan gaya hidup yang tidak sehat (merokok, kurang olahraga, stres, kurang makan sayur dan buah dan makanan berpengawet).

Bila tumor jinak bertambah banyak dan bertambah besar, tentu saja dapat mengganggu penampilan. Terutama bila terdapat di wajah. Untuk mengatasinya, perlu dilakukan tindakan bedah listrik oleh dokter spesialis kulit dan kelamin. Biaya untuk perawatan ini relatif terjangkau.

Sebelum melakukan tindakan, dokter akan mengoleskan krim pengebal terlebih dahulu. Agar pasien tidak merasakan sakit ketika diambil tindakan. Setelah diberi pengebal, didiamkan selama satu jam, baru dilakukan tindakan bedah listrik. Tindakan yang dilakukan saat bedah listrik yaitu pengikisan bintik-bintik itu dengan alat semacam bolpen yang dialiri oleh listrik sangat lemah.

Meskipun telah dihilangkan oleh bedah listrik, benjolan itu bisa tumbuh lagi. Terutama jika faktor penyebabnya tidak dihindari. Oleh karena itu, sebisa mungkin kita menghindari penyebab timbulnya tumor jinak tersebut. Untuk beraktivitas di luar rumah, lebih baik menggunakan tabir surya atau sunblock bila terpapar sinar matahari antara jam 9 hingga jam 16 sore. Memperbanyak konsumsi sayur dan buah, hindari stres dan rajin berolahraga dapat menghindari timbulnya keratosis seboroik.

Tumor Jinak Di Kulit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *