Tips dan Cara Mencuci Wajah Dengan Benar

Merawat Wajah agar selalu terlihat sehat dan bersih kiranya mayoritas orang menginginkan hal tersebut, terutama pata wanita. Perawatan wajah atau muka yang lebih baik tentu saja dengan melakukan pencegahan daripada pengobatan/penyembuhan. Upaya preventif yang paling utama pastinya dari kebiasaan atau pola hidup anda, serta kondisi lingkungan terutama di daerah polusi.

Tips dan Cara Mencuci Wajah Dengan Benar

Selain itu, kurangnya perhatian bagaimana cara mencuci wajah dengan baik dan benar seringkali menjadi awal kerusakan wajah. Penggunaan air, pembasuh, pembersih hingga tata caranya menjadi tolak ukur utama yang harus diperhatikan. Berikut ini kesalahan yang sering dilakukan saat membasuh ata mencuci wajah, seperti yang ditulis di wolipop.detik.com.

1. Membersihkan wajah terlalu sering
Jika anda membersihkan wajah lebih dari 2 kali dalam sehari, maka secara tidak langsung anda telah mengikis produksi minyak alami yang sebenarnya diperlukan untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan seimbang. Untuk memberapa kondisi wajah, kulit bisa berubah menjadi kering atau bahkan malah berminyak. Tetaplah bersihkan wajah anda dua kali dalam sehari, yaitu di pagi hari dan malam sebelum tidur.

2. Memilih produk yang wangi
Sebagian besar wanita menyukai produk pembersih yang mengandung aroma, seperti buah, bunga, mint, dan semacamnya. Tapi permasalahannya adalah jika anda membeli produk-produk pembersih yang mengandung banyak aroma, dipastikan produk tersebut banyak mengandung bahan yang tidak alami atau wewangian sintetik. Apabila kulit anda sensitif atau rentan terhadap iritasi, pilihlah produk tanpa pengharum atau yang berasal aroma wangi dari alam, dibandingkan bahan kimia.

3. Mencuci wajah sebelum keramas
Cucilah rambut anda terlebih dahulu, dan biarkan wajah anda tetap kering sampai pencucian rambut selesai. Dengan begitu, tidak akan ada residu dari produk perawatan rambut yang tersisa pada kulit wajah, karena dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Setelah itu, barulah cuci wajah dengan sabun pembersih. Saat mencuci rambut, pastikan sampo dan air bilasan tidak mengenai wajah anda.

4. Menggunakan suhu air yang salah
Air dingin mungkin akan membuat anda menjadi segar dan air panas akan membuat anda merasa lebih nyaman, tapi menggunakan suhu air yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin adalah pilihan tepat. Air yang panas akan membuat kulit menjadi kering, sementara air yang dingin tidak akan membuka pori-pori kulit wajah anda. Oleh sebab itu, cucilah wajah dengan air hangat.

Lalu bagaimana cara mencuci wajah atau muka dengan benar?. Berikut ini tips yang disampaikan oleh Dr Thomas Rohrer, dermatologis di Chestnut Hill, Massachusetts, yang aku dapat dari tempo.co.

1. Gunakan pembersih lembut dan menyerap ke kulit serta bebas dari alkohol.
2. Setelah membasuh wajah Anda dengan air suam-suam kuku, usapkan cleanser dengan ujung jari anda. Jika anda menggunakan waslap, spons, atau bahan lainnya, ada kemungkinan kulit wajah anda akan mengalami iritasi.
3. Bilas wajah dengan air suam-suam kuku dan gunakan handuk lembut untuk menepuk-nepuk kulit wajah hingga kering.
4. Usapkan pelembab untuk kulit kering atau kulit gatal. Berhati-hatilah saat mengusapkan krim di sekitar mata untuk menghindari penarikan yang terlalu keras pada kulit yang lembut.
5. Batasi waktu mencuci wajah anda dengan hanya satu kali pada pagi hari dan satu kali pada malam hari, atau setelah berkeringat sangat banyak. Keringat bisa membuat kulit wajah iritasi sehingga anda harus segera membasuh wajah anda sesegera mungkin setelah anda berkeringat.

Demikian tips bagaimana cara merawat wajah dengan upaya preventif/pencegahan dengan cara mengetahui cara mencuci wajah dengan benar. Akhir kata, selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *