Perawatan Wajah untuk Remaja

perawatanwajah

Mendambakan kulit wajah yang bersih dan bersinar, kini bukan sebuah kebutuhan untuk kalangan wanita dewasa saja. Para remaja yang mulai memasuki usia puber juga sangat memperhatikan perawatan wajah mereka.

Pada umumnya, kulit remaja tidak memiliki masalah yang serius. Hanya ada kecenderungan berminyak. Perawatan wajah untuk remaja tidak perlu berlebihan. Cara melakukan perawatan wajah bagi remaja, cukup sederhana, yaitu :

  1. Rajin membersihkan.

Ketika mandi, cuci muka dengan sabun dan air. Gunakan sabun bayi atau sabun dengan pH 5,5. Sabun mandi biasanya memiliki pH sekitar 8 – 9, kadar pH basa seperti ini dapat mengikis lapisan lemak alami pelindung kulit. Ini dapat menimbulkan kulit menjadi kering dan terkadang timbul bercak putih atau iritasi.

Oleh karena itu, hindari mencuci muka dengan sabun mandi.

  1. Gunakan pelindung

Untuk melindungi kulit wajah dari sinar ultraviolet, biasakan pakai pelindung atau UV ( sunblock/sunscreen/tabir surya ). Oleskan pada kulit yang tidak tertutup pakaian. Lakukan antara jam 9 pagi hingga jam 4 sore. Pilihlah yang ber-SPF 15 atau lebih, sebaiknya berbentuk lotion atau gel karena mengandung sedikit minyak.

Penggunaan tabir surya harus dilakukan setengah jam sebelum terpapar sinar matahari. Apabila terkena air, ulangi pemakaiannya.

  1. Cukupi asupan makanan yang sehat

Untuk mendapatkan kulit yang sehat, tidak hanya dengan mengoles krim saja. Perawatan dari dalam pun sangat penting. Caranya dengan mengkonsumsi makanan bergizi yang seimbang dan hindari makanan yang mengandung pengawet. Makanan yang sangat membantu dalam perawatan wajah yaitu sayur dan buah-buahan serta protein hewani dan nabati.

  1. Jaga kelembapan kulit

Perawatan ini khusus untuk kulit yang kering. Gunakan lotion setelah mandi saat kulit masih lembab. Untuk menghindari kulit yang terlalu kering, dianjurkan menggunakan krim malam.

Perawatan wajah untuk remaja, sebaiknya menggunakan kosmetik yang tidak wangi atau tidak berwarna. Sebab zat pewangi dan pewarna tersebut kadang kala dapat menimbulkan iritasi dan alergi.

Hindari juga untuk memakai produk untuk dewasa seperti anti aging atau krim pemutih. Krim pemutih yang hasilnya instan, membuat kulit putih terlihat pucat dan tidak wajar. Oleh karena itu, berhati-hatilah melakukan perawatan untuk remaja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *