Perawatan Wajah Daerah Subtropis

Kelembapan udara di daerah subtropis atau daerah yang memiliki empat musim, sangat rendah. Bisa seperempat kali dari kelembapan udara di daerah tropis seperti Indonesia. Kelembapan yang rendah, mengakibatkan kulit cenderung lebih cepat kering karena kadar air di dalamnya menguap. Sedangkan di Indonesia, kadar kelembapannya tertahan oleh udara luar yang juga mempunyai kelembapan yang tinggi.

Perawatan wajah yang perlu dilakukan yaitu dengan menjaga kelembapan kulit. Karena kulit menjadi lebih kering, maka akan timbul gatal-gatal. Menjaga kulit wajah tetap lembap dapat menghindari gatal-gatal. Gunakan pelembap yang tepat. Banyak yang salah menafsirkan, jika pelembab itu adalah minyak. Padahal pelembap artinya kadar air yang cukup dalam kulit.

Pilihlah pelembab yang mengandung AHA, asam glikolat serta ceramide untuk mendukung fungsi-fungsi tersebut. Selain itu, perhatikan kandungan lemak yang ada dalam pelembap. Carilah pelembap yang menggunakan  minyak nabati, lihatlah pada komposisi produknya.

Pada permulaan ketika berada di daerah subtropis, penderita eksim dan kulit sensitif kemungkinan akan mengalami gatal-gatal yang hebat.  Gunakan pelembap  khusus tanpa pewangi dan pewarna untuk melakukan perawatan wajah untuk menghindari gatal-gatal. Selain itu, agar lemak yang berfungsi melindungi kulit tidak rusak, hindari menggunakan sabun antiseptik.

Cara mudah untuk melembapkan kulit wajah, di saat produk yang dicari tidak dapat ditemukan yaitu, dengan menggunakan baby oil atau minyak zaitun. Menggunakan minyak zaitun atau baby oil cukup mudah. Basuh muka dengan air, ketika masih setengah basah (maksimal 3 menit) aplikasikan minyak pada kulit wajah. Namun, hindari menggunakannya terlalu sering pada kulit yang cenderung berminyak. Karena kulit yang berminyak bukan berarti kulitnya lembap, bisa saja kering.

Kelembapan udara di daerah subtropis pun tetap rendah pada musim panas. Oleh karena itu, perawatan wajah perlu ditambahkan dengan pemakaian sunscreen. Terkadang, suhu udara di sana dingin, namun jangan lengah karena sinar mataharinya terik sekali. Tetaplah menggunakan pelembap dan sunscreen  untuk melindungi kulit.

Di musim dingin, hindari mandi dengan menggunakan air panas terlalu sering. Karena dapat mengikis kelembapan alami kulit. Gunakan air hangat saja ketika mandi.

Perawatan Wajah Daerah Subtropis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *