Penggunaan Lulur Untuk Kulit

Tentunya kita tidak asing lagi dengan lulur, bukan? Benarkah lulur dapat membuat kulit menjadi putih? Kegunaan lulur adalah mempercepat sel mati pada kulit terkelupas. Dengan terlepasnya kulit mati, akan membuat kulit menjadi lebih cerah dan bersih. Perlu diketahui, penggunaan lulur pada kulit tidak akan menjadikannya putih melainkan hanya terlihat cerah saja.

Sebenarnya, kulit kita sudah memiliki mekanisme sendiri untuk berganti kulit beberapa hari sekali. Sedangkan lulur mempercepat prosesnya. Oleh karena itu, lebih baik tidak menggunakan lulur terlalu sering. Penggunaan yang terlalu sering, selain kulit matinya yang terkelupas, juga dapat membuat pelindung kulit jadi ikut terkelupas. Bahkan pigmen kulit yang melindungi kulit pun bisa terbuang. Tanpa perlindungan, justru akan membahayakan kulit itu sendiri.

Selain dapat menghilangkan lapisan yang penting bagi kulit, penggunaan lulur terlalu sering, juga dapat membuat iritasi pada kulit. Terdapat sebuah kasus, pengguna lulur kulitnya menjadi bintik-bintik dan keluar nanah. Kondisi seperti itu menunjukkan peradangan pada kulit. Mungkin dalam satu sampai dua kali penggunaan, tidak ada iritasi yang berarti namun pada penggunaan selanjutnya ternyata ada reaksi dari kulitnya. Hal ini bisa saja terjadi bila kulit bereaksi berlebihan pada zat yang terkandung dalam lulur.

Kita harus lebih bijak dalam memilih lulur yang akan digunakan. Pilihlah lulur yang butirannya halus dan tidak terlalu kasar. Hindari penggunaan lulur yang terlalu wangi dan mencolok warnanya. Dan yang terpenting, gunakan lulur yang telah mendapat ijin dari Badan POM.

Setelah memperhatikan jenis lulur yang akan digunakan, perlu diperhatikan pula cara pemakaiannya. Ketika menggunakan lulur, hindari menggosok kulit terlalu keras dan lama. Karena butiran kasar dalam lulur, bisa seperti amplas bagi kulit. Jadi, lebih baik berhati-hati menggunakan lulur.

Apabila ada luka pada kulit, lebih baik tidak menggunakan lulur untuk sementara waktu. Hindari pula menggunakan lulur di daerah lipatan ketiak atau pangkal paha. Jika bagian tersebut dilulur atau digosok-gosok akan membuat kulit bertambah hitam.

Menggunakan lulur sebenarnya tidak membahayakan, karena hanya sampai bagian atas kulit dan tidak masuk ke dalam kulit. Namun perlu memperhatikan cara penggunaannya yang tepat.

Penggunaan Lulur Untuk Kulit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *