Pengaruh Tidur Untuk Kecantikan

Secara umum, tidur berpengaruh pada kesehatan tubuh. Namun perlu diperhatikan, yang terpenting bukanlah berapa lama kita tidur tapi perhatikan waktu efektifnya. Anjuran tidur di awal waktu dan bangun cepat di kala subuh, bermanfaat sekali bagi kesehatan. Tidur sekitar jam 8 malam hingga jam 4 pagi itu baik untuk regerasi sel tubuh dan baik untuk penyembuhan. Lalu, apa pengaruh tidur untuk kecantikan kulit wajah?

Rentang waktu tidur antara jam 8 malam hingga jam 4 pagi, sangat efektif untuk krim wajah bekerja meregenerasi sel. Pada waktu itu pula, hormon melatonin membantu meningkatkan kualitas tidur dengan aktif. Jika misalnya kita tidur selama 6 jam namun tidurnya dari jam 2 pagi sampai jam 8 pagi, maka jam tidur yang efektif itu hanya 2 jam saja.

Tata cahaya di ruangan tidur juga dapat mempengaruhi kualitas tidur untuk kecantikan. Agar kinerja melatonin optimal dan tidur berkualitas, perhatikan cahaya lampu. Cahaya yang terlalu terang benderang, akan mengurangi kinerja melatonin sehingga tidur menjadi tidak berkualitas. Dampaknya, mungkin tidak akan dirasakan dalam waktu dekat, namun berpengaruh pada masa datang. Karena itu, usahakan tidur dalam keadaan gelap atau temaram.

Hindari tidur terlalu larut. Orang yang terlalu sering kurang tidur, rentan terkena kanker. Waktu yang harusnya digunakan untuk regenerasi sel-sel yang rusak malah digunakan untuk beraktivitas atau bekerja. Sel-sel yang rusak dan tidak dapat diperbaharui ini dapat memicu kanker dan menyerang organ yang lemah.

Posisi tidur telentang merupakan posisi tidur yang baik untuk kecantikan. Posisi tidur miring dapat menimbulkan kerut di wajah karena gaya gravitasi bumi. Kerut pada kulit wajah juga bisa timbul akibat wajah tertekan pada bantal atau guling dalam waktu yang lama, sehingga kulit tidak bisa bernapas dengan baik dan peredaran darah menjadi kurang lancar. Namun bila kulit dirawat dengan baik, sebenarnya tidak masalah bila posisi tidur miring.

Pengaruh tidur untuk kecantikan juga meliputi bahan alas tidur atau sprei. Gunakan sprei yang tidak menimbulkan alergi dan berbahan katun agar bisa bernapas. Untuk pemilik kulit sensitif, sebaiknya mengganti sarung bantal setiap hari. Bagi kulit normal, setidaknya diganti sepekan sekali.

 Pengaruh Tidur Untuk Kecantikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *