Paraben Dalam Pelembab

Pelembab merupakan salah satu produk perawatan yang paling banyak digunakan. Terutama bagi yang tinggal di daerah tropis, yang kaya akan sinar matahari.  Fungsi pelembab dapat menjaga wajah tetap lembab, terhindar dari dehidrasi dan awet muda tanpa kerut halus.

Beberapa produsen produk kosmetik menyediakan pelembab untuk pagi atau siang dengan pelembab untuk malam hari. Biasanya kandungan zat aktif pada pelembab untuk siang hari lebih tinggi. Karena pada siang hari, kita banyak beraktivitas di luar rumah.

Produk pelembab yang ada di pasaran, disinyalir mengandung paraben. Fungsi paraben dalam pelembab itu sendiri sebagai pengawet. Banyak yang beranggapan jika kandungan pengawet dalam kosmetik, dapat menyebabkan kanker. Apakah benar paraben dalam pelembab dapat menyebabkan kanker?

Sesungguhnya, tidak sepenuhnya benar. Karena kosmetik dengan paraben beresiko kecil menimbulkan kanker, asalkan pemakaiannya tidak berlebihan. Selain itu, produk kosmetik yang telah mencantumkan label dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan, berarti semua bahan yang terkandung di dalamnya telah mendapat izin dan aman untuk digunakan.

Produk kosmetik termasuk pelembab, dapat memiliki resiko kanker, ketika dalam sehari pelembab digunakan secara berulang kali dan secara berlebihan. Dan setelahnya, wajah yang telah menggunakan pelembab itu bereaksi dengan paparan sinar matahari. Ditambah lagi, kebiasaan dengan gaya hidup yang kurang baik, seperti mengosumsi makanan berpengawet, merokok, tidur terlalu larut dan faktor lain yang menyebabkan kanker.

Perlu diketahui, untuk melindungi wajah kita dari paparan sinar matahari, tidak bisa hanya dengan menggunakan pelembab saja. Oleh karena itu, jika hendak beraktivitas di luar ruangan, lebih baik menggunakan sunblock juga.

Selain itu, kosmetik yang aman digunakan adalah produk yang bebas merkuri dan hidrokuinon. Meskipun begitu, tetap perlu berhati-hati dalam pemakaian hidrokuinon. Penggunaan hidrokuinon masih diperbolehkan asalkan di bawah pengawasan dokter.

Jadi, paraben dalam pelembab tidak masalah, namun jika ada produk kecantikan yang tanpa paraben, akan lebih baik lagi. Dan kosmetik berlabel halal serta mengandung paraben, tetap aman digunakan asalkan digunakan dalam batas wajar.

Paraben Dalam Pelembab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *