Milia Pada Wajah

Kulit wajah memiliki beberapa jenis, seperti kulit normal, kulit berminyak dan kulit kering. Masing-masing jenis kulit ini memiliki ciri khas dan permasalahannya masing-masing. Ada yang bermasalah dengan jerawat, komedo, kerut halus, pori-pori besar atau milia. Saat ini telah diketahui penanganan untuk setiap masalah kulit tersebut. Beberapa masalah kulit, seperti komedo, kerut halus dan pori-pori besar, bisa ditangai oleh ahlinya atau diatasi secara personal. Lalu, bagaimana dengan milia? Dapatkah milia pada wajah dihilangkan sendiri tanpa bantuan ahli kulit?

Milia merupakan jenis komedo yang tertutup. Kadang kala, milia juga disebut sebagai milk spot, karena warna milia putih seperti susu. Bentuknya berupa bintik putih sebesar kepala jarum pentul dan terasa keras bila diraba. Isi milia adalah lemak yang mengeras seperti batu. Milia sering ditemukan di daerah dahi, samping hidung atau bisa juga menyebar di seluruh wajah.

Biasanya milia pada wajah terbentuk karena sumbatan kelenjar lemak. Penyumbatan ini disebabkan oleh kosmetik yang menutupi pori kulit dan kondisi kulit wajah yang tidak terjaga bersih. Milia berbeda dengan jerawat biasa, bentuk milia tidak meradang, tidak merah, tidak bernanah dan relatif steril. Sedangkan jerawat mengalami radang karena bakteri.

Hampir semua usia bisa mempunyai milia, bahkan pada bayi. Bayi baru lahir dapat memiliki milia, disebabkan pengaruh hormon dari ibunya. Karena tidak berbahaya, milia tidak perlu diberi perlakuan apa pun karena akan hilang dengan sendirinya.

Sedangkan milia pada wanita paruh baya, yaitu yang berusia 40 tahun ke atas, milia timbul disebabkan karena pada usia ini regenerasi sel kulit lebih lambat. Kondisi ini membuat sel-sel kulit mati menjadi bertumpuk dan menyumbat pori-pori kulit sebagai jalan keluar lemak.

Beberapa jenis milia harus diusahakan untuk keluar, sedangkan ada sebagian lagi yang akan hilang dengan sendirinya. Untuk menghilangkan milia yang membandel, sebaiknya dikerjakan oleh tenaga medis. Milia akan diberi tindakan dengan membuka atap milia dengan jarum steril. Kemudian lemaknya dikeluarkan dengan alat komedo ekstraktor.

Hati-hati melakukan tindakan untuk menghilangkan milia pada wajah bila tidak oleh ahlinya. Karena bila tidak dikerjakan oleh ahlinya dan tanpa memperhatikan kebersihan, malah dapat menimbulkan jerawat, bisul besar bahkan infeksi yang parah.

Milia Pada Wajah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *