Merawat Kulit Berminyak

Kulit wajah memiliki tipe yang berbeda-beda. Ada tipe kulit normal, kulit berminyak dan kulit kering. Masing-masing tipe kulit ini memiliki karakteristik dan masalah masing-masing.

Seperti tipe kulit berminyak, ditandai dengan pori-pori wajah yang besar dan mudah sekali terkena jerawat. Kulit wajah dengan tipe ini, biasanya banyak mengeluarkan minyak terutama di daerah T (sekitar dahi, dagu dan hidung).

Kulit berminyak rentan terkena jerawat dibandingkan jenis kulit lainnya. Oleh karena itu, wajah dengan tipe kulit berminyak memerlukan perawatan khusus. Namun, salah melakukan perawatan, justru akan memperparah kondisi kulit.

Penyebab jerawat muncul di wajah berminyak bisa bermacam-macam. Pola makan yang kurang sehat, dapat menyebabkan jerawat. Banyak mengkonsumsi makanan berlemak dan berminyak dapat menambah jumlah minyak di wajah. Selain itu, kebiasaan jarang berolahraga, mengkonsumsi obat-obatan, mengkonsumsi alkhohol, faktor keturunan dan hormon bisa menyebabkan wajah berjerawat.

Agar wajah dengan tipe kulit berminyak tidak ditumbuhi jerawat, perlu dilakukan perawatan yang baik. Minyak yang terlihat banyak di wajah, dapat dikurangi dengan menggunakan kertas minyak.

Merawat kulit berminyak juga bisa dirawat dengan menggunakan bedak dan pembersih yang mengandung asam salisilat, asam glikoat dan bahan lainnya yang dapat mengurangi minyak. Namun, kita tetap harus hati-hati dengan produk yang mengandung asam ini, karena bila berlebihan dapat menyebabkan iritasi.

Selain itu, merawat kulit berminyak juga dapat dilakukan dengan menggunakan masker putih telur. Caranya cukup mudah, kocok putih telur yang telah dipisahkan dari kuningnya lalu dioleskan pada wajah. Biarkan mengering kemudian dibilas dengan air hingga bersih.

Irisan jeruk nipis dipercaya pula dapat mengatasi jerawat di wajah. Oleskan irisan jeruk nipis pada wajah berminyak dan rasakan hasilnya dalam beberapa minggu. Sedangkan untuk kulit berminyak tanpa jerawat dapat menggunakan air perasan jeruk nipis yang telah dicampurkan oleh gula putih. Gosokkan secara perlahan lalu diamkan beberapa saat kemudian bilas hingga bersih.

Itulah beberapa perawatan beserta penyebab kulit berminyak. Lakukanlah perawatan sesuai jenis kulit kita. Hindari perawatan yang salah dan dapat berakibat buruk pada wajah.

Merawat Kulit Berminyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *