Mengatasi Bibir Pecah-pecah

Gejala bibir pecah-pecah diawali dengan bibir yang kering, pecah, perih disertai rasa gatal bila alergi. Penyebabnya bisa saja dari kosmetik yang dioleskan di bibir, seperti lipstick dan pelembap bibir.  Bahan kimia yang terkandung dalam lipstik, seperti pewarna dan zat pewanginya dapat membuat bibir jadi kering dan berpotensi menyebabkan alergi atau iritasi.

Selain itu, bibir pecah-pecah dan kering juga bisa disebabkan oleh getah buah yang dikupas dengan menggunakan mulut atau kurang mengkonsumsi air putih dalam kesehariannya.

Sebagian orang, menyikapi bibir yang kering dan pecah-pecah dengan cara mengelupas kulit atau menggigitinya. Sebenarnya, kulit pada bibir tidak mempunyai kelenjar lemak, jadi lapisan pelindungnya lebih tipis dibandingkan kulit di bagian tubuh lain. Jika sering dikelupas, maka semakin tipis pelindungnya, kuman dan bakteri jadi mudah masuk. Hal ini dapat menyebabkan iritasi atau alergi.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi bibir pecah-pecah?

Pertama, hindari mengelupas kulit bibir atau menjilatinya. Jika ada kulit kering yang sulit untuk dilepas, sebaiknya jangan ditarik atau digigit. Oleskan saja pelembab bibir, lalu diamkan sekitar 2-3 menit. Setelah itu, usap bibir dengan kapas yang telah dibasahi oleh air matang. Maka kulit akan terangkat sendiri tanpa luka.

Kedua, perbanyak minum air putih dan mengkonsumsi buah-buahan serta makanan bergizi seimbang.

Ketiga, gunakan madu asli untuk dioleskan pada bibir seminggu sekali. Jika bibir sudah tidak pecah-pecah lagi, berikan scrub bibir seminggu sekali. Kita bisa membuat scrub dengan cara mencampurkan madu dengan gula pasir yang berbutir halus. Oleskan scrub dengan lembut lalu dibersihkan dengan kapas yang dibasahi air matang.

Keempat, hindari menggunakan lipstik yang berwarna-warni. Untuk menghindari bibir pecah-pecah karena alergi zat pewarna.

Kelima, gunakan pelembab bibir dari Oriflame. Love Nature Lip Balm dengan aroma cherry-nya sangat cocok untuk melembapkan bibir. Harganya pun cukup terjangkau, hanya Rp. 49.000 saja. Terjangkau, bukan? Produk ini juga aman digunakan dan terpercaya.

Jika kulit bibir pecah sangat berat, terasa sakit dan tidak kunjung sembuh, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit.

Mengatasi Bibir Pecah-pecah

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *