Memilih Kosmetik Yang Aman

Untuk menyempurnakan kecantikan, orang akan rela mengeluarkan dana untuk membeli kosmetik. Kegunaan kosmetik itu sendiri untuk membuat tampilan wajah lebih menarik dan bisa menutup kekurangan dengan sempurna. Lalu, apakah aman bila kita selalu berganti kosmetik? Ternyata, selama itu cocok, gonta ganti kosmetik tidaklah menjadi  masalah. Yang penting, kita bisa memilih kosmetik yang aman untuk wajah kita.

Selain itu, kebutuhan kulit kita bisa saja berubah-ubah karena lingkungan, aktivitas, stres, gizi atau semua yang mempengaruhi kesehatan kulit. Karena itu, ketika mencoba sebuah produk, kita mesti mencobanya terlebih dahulu. Oleskan sedikit produk kosmetik yang baru kita pilih pada kulit di belakang telinga. Hindari dari percikan air. Jika kemudian kulit trerasa gatal. berarti kosmetik itu tidak cocok.

Kita tidak bisa meniru orang lain dalam memilih kosmetik yang aman, tiap kondisi kulit dan kebutuhan kulit berbeda-beda. Carilah kosmetik yang cocok dan kandungan bahannya aman. Jadilah konsumen yang cermat memilih kosmetik.

Ada 5 cara untuk memilih kosmetik yang aman, yaitu :

  1. Perhatikan izin yang tercantum dalam kemasan. Kita bisa menyesuaikannya dengan yang ada di website Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
  2. Selain itu, perhatikan pula tanggal kadaluarsa. Teliti pula isi kandungan atau bahan-bahan pembuat kosmetik tersebut. Jika tidak jelas, sebaiknya tidak digunakan. Kita harus waspada dengan kosmetik yang tidak mencantumkan komposisi bahannya.
  3. Memiliki sertifikat halal. Alangkah baiknya, jika kosmetik yang kita gunakan sudah memiliki sertifikat halal.
  4. Kenali jenis kulit yang kita miliki. Jika kita memiliki jenis kulit yang mudah iritasi, maka sebaiknya tidak menggunakan produk yang berwarna dan wangi. Karena kulit yang mudah iritasi biasanya tidak tahan dengan produk yang berwarna dan wangi.
  5. Sebaiknya tidak menggunakan kosmetik yang menjanjikan hasil yang cepat. Perlu diwaspadai, bila ada produsen yang nakal. Ketika mendapat izin dari BPOM produsen tidak memasukkan zat berbahaya. Namun setelah mendapatkan izin, bahan-bahan yang membahayakan tersebut dimasukkan ke dalam racikan. Ciri-ciri kosmetik yang mengandung zat berbahaya yaitu wajah menjadi cepat putih dan putihnya tidak alami dan seperti mayat.

Demikianlah cara untuk memilih kosmetik yang aman untuk digunakan. Bila salah dalam memakai kosmetik maka bukan hasil bagus yang diperoleh namun kondisi kulit akan semakin buruk.

Memilih Kosmetik Yang Aman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *