Kosmetik Yang Tepat

Agar terlihat lebih cantik dengan menggunakan kosmetik, diperlukan pengetahuan yang cukup untuk memilih jenis kosmetik. Kita harus cerdas dalam menggunakan kosmetik, karena seperti yang diketahui dari beberapa informasi, terdapat beberapa bahan yang tidak aman untuk digunakan.

Pilihlah jenis kosmetik yang tepat dengan jenis kulit. Jika selama pemakaian mengalami rasa gatal atau reaksi yang tidak wajar, maka hentikan pemakaian. Bahan-bahan tersebut tidak hanya merusak kulit namun juga akan berdampak pada kesehatan, bila digunakan dalam waktu yang panjang.

Tidak semua jenis kosmetik, cocok untuk semua orang. Bukannya menjadi cantik, penggunaan kosmetik yang tidak tepat dapat menyebabkan kulit menjadi rusak. Kita harus memilih kosmetik yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit serta kebutuhan kulit wajah.

Berikut ini, tips memilih kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit.

Kulit kering
Untuk kulit kering, sebaiknya menggunakan foundation jenis krim dan pastikan menggunakan concealer yang berbasis krim. Untuk jenis kulit kering, sebaiknya tidak menggunakan kosmetik yang formulanya bebas minyak sebab kosmetika tersebut akan mengendap pada garis-garis halus pada kulit wajah. Gunakan facial yang mengandung banyak pelembab.

Kulit berminyak
Kosmetik yang tepat untuk jenis kulit berminyak yaitu yang bebas kandungan minyak. Gunakan kosmetik sebelum mengoleskan foundation tipe matte. Hindari penggunaan eye shadow atau maskara serta pinsil bibir berbahan dasar krim.

Kulit sensitif
Pemilik jenis kulit sensitif, harus lebih hati-hati memilih kosmetik. Pilihlah kosmetik yang tepat dan berlabel khusus kulit sensitif. Agar terhindar dari reaksi negatif bahan-bahan kosmetik yang mengandung pengawet dan pewarna.

Kulit kombinasi
Jenis kulit kombinasi memiliki daerah kering dan berminyak secara tidak merata. Oleh karena itu, pemakaian kosmetik harus dilakukan lebih hati-hati. Jenis kulit kombinasi dapat juga disebut jenis kulit normal yang memiliki siklus tertentu dari normal hingga berminyak.

Untuk membersihkan kulit dari kotoran, debu atau minyak dan sisa kosmetik, sebaiknya menghindari penggunaan pembersih kulit berminyak dan keras karena bisa menyebabkan iritasi. Pembersih yang baik, yaitu pembersih yang banyak mengandung air dan merupakan pembersih kulit yang baik terutama di wajah kerena lebih lembut untuk kulit.

Kosmetik Yang Tepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *