Hormon Penyebab Jerawat

Jerawat yang tumbuh di wajah dapat disebabkan oleh berbagai alasan. Perawatan wajah yang kurang baik, jarang membersihkan wajah atau dipengaruhi oleh hormon yang ada di dalam tubuh. Hormon penyebab jerawat yang perlu kita ketahui ada tiga jenis. Secara hormonal, penyebab jerawat bisa karena kurang estrogen, kebanyakan progesteron atau kebanyak androgen. Setiap kasus, beda penanganannya dan memerlukan analisis dokter.

Perempuan memiliki berbagai macam hormon di dalam tubuhnya. Yang paling dominan yaitu hormon estrogen dan turunannya. Selain itu ada hormon progesteron dan memiliki sedikit hormon laki-laki yang disebut androgen.

Jika hormon androgen banyak terdapat dalam tubuh, kulit akan menjadi berminyak, pori-pori kulit wajah pun akan membesar sebagai tempat keluarnya minyak. Nah, bagi pemilik kadar hormon androgen tinggi, hormon estrogennya rendah dan hormon progesteronnya rendah, biasanya memiliki jerawat di wajahnya.

Tapi ada juga yang memiliki kandungan hormon androgen yang tinggi namun estrogennya normal, tumbuh jerawat di kulit wajahnya. Yang jelas, terjadinya ketidakseimbangan hormon dapat menimbulkan jerawat di wajahnya.

Hormon penyebab jerawat ini, sebenarnya dapat diseimbangkan dengan mengkonsumsi pil KB. Pil KB dapat menyeimbangkan hormon, karena kandungan pil ini berisi estrogen berikut turunannya dan mengandung sedikit progesteron.

Namun, apabila telah menggunakan pil KB untuk menyeimbangkan hormon tapi tetap tumbuh jerawat maka bisa mengkonsumsi penghasil estrogen alami. Makanan yang bekerja sebagai penghasil estrogen alami yaitu tempe, tahu dan produk kedelai lainnya. Kemudian, kurangilah konsumsi lemak.

Selain hormon penyebab jerawat, tumbuhnya jerawat juga bisa disebabkan dari faktor luar. Kebiasaan pola hidup yang salah, juga dapat menimbulkan jerawat. Kebiasaan yang harus dihindari agar jerawat tidak muncul pada kulit wajah kita yaitu :

  1. Hindari menyentuh wajah dengan tangan yang kotor.
  2. Bersihkan wajah setiap pagi dan malam hari secara rutin.
  3. Melakukan pijatan lembut pada wajah setiap malam. Pijatan berfungsi memperlancar pertukaran sel-sel kulit yang sudah mati dengan sel kulit yang baru. Selain itu, pijatan dapat membuat perasaaan lebih nyaman dan dapat mencerahkan kulit wajah.
  4. Perbanyak mengkonsumsi air putih.

Lakukanlah pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan dan minuman sehat, olah raga yang teratur dan cukup beristirahat. Maka wajah akan terlihat bersih berseri dan bebas dari jerawat.

 Hormon Penyebab Jerawat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *