Efek Haid Terhadap Kulit

Seringkah kita memperhatikan perubahan pada kulit wajah ketika sedang haid? Apa saja yang harus kita perhatikan, untuk meminimalisir efek haid terhadap kulit wajah kita? Perlu kita ketahui, jika menjelang haid, hormon progesteron akan meningkat. Keadaan hormon yang melonjak seperti ini, dapat membuat seseorang mudah merasa marah, mudah lapar dan ingin selalu makan.

Keinginan untuk makan atau mengemil tidak akan bisa ditahan karena dorongan hormon progesteron tadi. Jika kita menuruti keinginan makan dengan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, seperti gorengan, makanan dengan kadar karbohidrat atau garam yang tinggi, makanan berlemak, makanan ringan yang kaya MSG, justru akan berdampak pada kulit.

Kandungan dalam makanan tersebut dapat membuat kulit menjadi berjerawat dan semakin berminyak. Oleh karena itu, hindari mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Lebih baik ganti cemilan dengan buah-buahan. Sediakan buah-buah yang segar di rumah atau di tempat kerja. Jika timbul keinginan untuk mengudap, kita bisa menyantap buah-buahan tersebut.

Ketika hormon progesteron meningkat, minyak pun bekerja lebih aktif. Ditambah aktifitas makan atau mengemil yang juga aktif. Pada orang tertentu, efek haid terhadap kulit wajahnya ditandai dengan kulit yang semakin sensitif. Lebih baik dalam kondisi seperti ini, perawatan wajah seperti scrubbing, facial atau memakai masker wajah tidak perlu dilakukan. Baik dari sebelum haid sampai sesudah haid.

Lalu, bagaimana anggapan jika tidur siang ketika haid akan menimbulkan noda hitam di wajah? Tidur siang hari di kala haid, ternyata tidak ada hubungannya sama sekali dengan noda hitam di wajah. Tapi efek haid terhadap kulit berminyak dan berjerawat, bisa saja terjadi.

Oleh karenanya, untuk mencegah kulit wajah berminyak dan berjerawat, lebih baik berhati-hati memilih makanan. Baik makanan berat atau makanan untuk cemilan. Bila kulit semakin berminyak, jangan terlalu sering mencuci wajah. Hal ini dapat mengakibatkan kulit kehilangan kadar minyak dan menjadi kering.

Hilangkan minyak dengan menggunakan kertas minyak. Usapkan dengan lembut untuk mengangkat minyak, hindari menggunakan pembersih terlalu sering. Cukup gunakan air bersih saja.

Efek Haid Terhadap Kulit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *