Cara Menghilangkan Flek di Wajah

Untuk orang luar negeri yang memiliki kulit putih, flek di wajah mungkin sudah biasa kita lihat. Namun, berbeda dengan orang Indonesia yang memiliki warna kulit sawo matang. Munculnya flek yang berwarna coklat atau kehitaman seringkali menjadi masalah tersendiri.

Penyebab timbulnya flek di wajah adalah akibat pigmentasi kulit yang berlebihan, bekas jerawat, akibat sering terkena paparan sinar matahari, faktor keturunan, pemakaian obat hormonal, pemakaian obat antibiotik, obat anti peradangan atau salah memakai kosmetik serta proses penuaan pada kulit.

Apabila flek di wajah memiliki ukuran besar, maka disebut sebagai melasma, sedangkan bila flek berupa titik-titik disebut freckles atau ephelides. Untuk menghilangkan flek yang ada di wajah, prosesnya tidak bersifat instan. Butuh ketekunan di dalam melakukan perawatan wajah.

Beberapa orang berusaha menghilangkan flek di wajah dengan cara menggunakan masker atau krim pemutih. Dengan menggunakan krim pemutih diharapkan flek di wajah bisa hilang, karena fungsi dari krim pemutih itu sendiri untuk mengangkat lapisan tanduk pada kulit, melenyapkan komedo serta mencerahkan kulit.

Sebagian lainnya, berusaha menghilangkan flek dengan menggunakan teknologi medis yang modern. Melalui cara ini, biasanya flek dapat cepat dihilangkan. Namun, untuk melakukan perawatan medis seperti ini, membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Ada beberapa cara untuk menghilangkan flek di wajah tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Yaitu dengan cara menggunakan masker dari bahan yang mudah didapat seperti :

Jeruk Nipis

Asam sitrat yang terkandung dalam jeruk nipis dapat membantu meluruhkan sel-sel kulit mati. Selain itu, juga dapat merangsang pertumbuhan sel-sel baru sehingga dapat mencerahkan kulit.

Cara menggunakan jeruk nipis adalah dengan mempersiapkan jeruk nipis yang telah dibelah menjadi dua bagian. Gosokkan dengan lembut ke wajah hingga merata. Diamkan dan biarkan hingga mengering. Selanjutnya bersihkan wajah dengan air hangat dan dibilas dengan menggunakan air dingin.

Kulit Pepaya

Cara lain untuk menghilangkan flek hitam di wajah adalah dengan menggunakan kulit papaya. Pertama-tama ambil kulit pepaya, dan haluskan setelah sebelumnya dibersihkan. Oleskan pepaya pada wajah yang terdapat flek. Tunggu hingga kering lalu bilas dengan air bersih.

Pepaya mengandung papain, enzim yang mengeksfoliasi kulit dan mendorong tumbuhnya sel-sel baru. Papain juga dapat menghambat tirosinase enzim yaitu sel-sel penghasil pigmen yang digunakan untuk memproduksi melanin.

Bengkoang

Parutan bengkoang yang dioleskan pada wajah dengan lembut dan merata juga dapat menghilangkan flek hitam. Bengkoang yang telah bersih dan diparut setelah mengering dibilas dengan air bersih.

Mentimun

Siapkan mentimun yang telah dicuci dengan bersih. Parut mentimun dan gunakan sebagai masker di wajah. Diamkan hingga mengering dan cuci dengan air hangat.

Proses menghilangkan flek pada wajah membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Rutinlah melakukan perawatan dengan bahan alami tersebut. Pilihlah yang cocok dengan jenis kulit kita. Maka wajah dapat bersih dari flek yang mengganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *