Cara Menangani Bibir Pecah-pecah

Bagian wajah yang perlu mendapatkan perhatian khusus, diantaranya adalah bibir. Setiap orang mendambakan bibirnya lembut dan merah merona. Namun karena beberapa faktor, keluhan bibir pecah-pecah dapat mengurangi kecantikan.

Berbeda dengan kulit tubuh lainnya, kulit bibir tidak memiliki kelenjar minyak. Oleh karena itu, bibir mudah menjadi kering bahkan timbul bibir pecah-pecah. Penyebabnya sangat beragam, seperti terlalu sering terpapar sinar matahari, kebiasaan menjilat bibir dan faktor cuaca. Selain itu, kurangnya cairan dalam tubuh atau dehidrasi juga bisa menjadi faktor yang menyebabkan bibir kering hingga bibir pecah-pecah.

Lalu bagaimana menangani bibir pecah-pecah ini? Saat bibir kering dan pecah-pecah ada yang bisa kita lakukan yaitu :

  1. Cegah tubuh dari dehidrasi

Keadaan tubuh yang kurang cairan merupakan salah satu penyebab timbulnya bibir pecah-pecah. Oleh karenanya penuhilah kebutuhan cairan dalam tubuh dengan minum air putih minimal 8 gelas sehari.

  1. Nutrisi yang baik

Bibir kering atau pecah-pecah juga disebabkan kurangnya nutrisi vitamin B, zat besi atau asam lemak. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ini, bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tersebut. Atau dengan mengkonsumsi suplemen, yang tentunya telah dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

  1. Mengkonsumsi buah dan sayur

Memenuhi asupan vitamin yang paling aman adalah dengan mengkonsumsi sayur dan buah segar.

  1. Oleskan madu

Untuk menjaga bibir agar selalu lembab, dapat dilakukan dengan cara mengoleskan madu. Selain itu, anti bakteri yang terdapat pada madu dapat menghilangkan kuman dan bakteri. Agar bibir pecah-pecah dapat segera pulih, oleskan madu pada bibir sehari 3 kali.

  1. Hentikan kebiasaan menjilati bibir

Saat bibir terasa kering, seringkali orang akan membasahi bibir mereka dengan air liur,. Padahal hal ini malah akan membuat bibir lebih cepat kering. Air liur atau saliva akan menguap dengan cepat, dan dapat membuat bibir lebih kering daripada kondisi sebelumnya sehingga membuat bibir pecah-pecah.

  1. Hati-hati memilih lipstik

Penggunaan lipstik yang tidak cocok dapat berakibat keluhan bibir kering dan pecah-pecah. Karena beberapa wanita memiliki bibir yang sensitive. Gunakanlah produk yang telah terjamin aman untuk digunakan.

Melakukan perawatan dari dalam dan luar dapat mempercepat pemulihan bibir kering dan bibir pecah-pecah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *