Bercak Putih di Sekitar Mulut

Perubahan warna kulit di area sekitar mulut, bisa disebabkan oleh banyak hal. Biasanya, hal ini terjadi karena proses peradangan kulit, seperti alergi atau iritasi yang terus-menerus dan tak disadari oleh penderita. Karena skalanya kecil, kulit tidak terlihat merah. Namun warna kulit tampak tidak merata, bercak putih di sekitar mulut atau kehitaman.

Beberapa kemungkinan penyebab bercak putih di sekitar mulut yaitu :

  • Kosmetika. Susu pembersih, penyegar, pelembab, bedak, krim malam, krim bibir, lipstik atau lipgloss yang kita gunakan sehari-hari  dapat menyebabkan iritasi dan alergi. Kulit di sekitar mulut merupakan  daerah yang sesnsitif. Sebaiknya tidak menggunakan bahan-bahan kimia dalam jangka waktu yang lama di daerah sekitar mulut. Perhatikan daerah kulit wajah, jika terlihat ada bercak putih samar-samar, bisa jadi kulit kita tidak cocok dengan kosmetik tersebut.
  • Cairan kumur (mouthwash). Alkohol dan antiseptik yang terkandung dalam cairan kumur, dapat menimbulkan alergi atau iritasi di sekitar mulut.
  • Pasta gigi. Bercak putih di sekitar mulut, juga bisa disebabkan karena iritasi terhadap pasta gigi. Terutama pasta gigi yang mengandung  zat kimia pemutih gigi (whitening). Selain pemutih, detergen, pengawet, pewangi bahkan bahan kimia yang disebut “alami” seperti sirih, pinang dan siwak dapat menyebabkan alergi atau iritasi di sekitar mulut.  Lalu, bagaimana pasta gigi bisa membuat area sekitar mulut berubah warna? Saat kita menggosok gigi, busa yang ditimbulkan akan keluar dan melebar di sekitar mulut sehingga dapat menimbulkan iritasi.
  • Iritasi karena getah buah. Getah buah merupakan penyebab paling sering yang dapat membuat kulit di sekitar mulut berubah warna. Buah yang getahnya sering menimbulkan iritasi adalah buah duku, rambutan, salak, nanas, manggis dan mangga.

Agar bercak putih di sekitar mulut bisa diatasi, sebaiknya menghindari dahulu semua hal yang dapat memicu alergi. Hindari terlalu lama menggunakan kosmetik, hentikan pemakaian mouthwash, tidak menggunakan pasta gigi yang mengandung pemutih, detergen dan pewangi serta mengkonsumsi buah dengan cara di haluskan.

Apabila dalam 1-2 bulan belum tampak hasilnya, segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat.

Bercak Putih di Sekitar Mulut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *