Aman Berkosmetik Saat Hamil

Menggunakan kosmetik merupakan sebuah keharusan bagi setiap perempuan. Kegunaannya dapat memelihara kesehatan kulit serta mencegah timbulnya masalah pada kulit wajah. Terutama menggunakan pelembab yang berguna untuk menghindari munculnya kerutan halus serta terhindar dari kekeringan. Namun, bagi perempuan yang sedang hamil, apakah penggunaan kosmetik harus dihentikan? Bagaimana cara aman berkosmetik saat hamil?

Selama hamil, kita memang harus lebih berhati-hati dalam memakai kosmetik. Janin dalam kandungan mendapat makanan dari darah ibunya serta segala sesuatu yang terkandung di tubuh ibu. Oleh karena itu, ibu yang sedang hamil harus menghindari bahan-bahan berbahaya, baik yang dimakan, diminum, dihirup atau yang dioleskan pada kulit.

Pada lapisan bagian dalam kulit, banyak sekali pembuluh kecil yng akan menyerap semua zat yang menempel pada kulit, melalui pori-pori kulit. Zat-zat tersebut akan masuk ke dalam darah dan diedarkan ke seluruh tubuh, termasuk ke darah janin yang sedang dikandung. Hal ini dapat membahayakan janin.

Memakai kosmetik ketika hamil, memang tidak dilarang. Namun kita juga harus lebih berhati-hati  dengan cara mengetahui secara pasti kandungan yang ada didalamnya, serta meneliti tanggal kadaluarsa. Agar aman berkosmetik saat hamil.

Berikut ini, beberapa bahan kimia yang perlu dihindari saat hamil :

  1. Hidrokuinon, yang ada dalam krim pemutih wajah. Sebelum menggunakannya, berkonsultasilah dengan dokter.
  2. Merkuri. Zat ini dapat menyebabkan cacat otak dan  autisme. Merkuri biasanya terdapat pada krim pemutih wajah. Hasilnya instan, dalam dua minggu kulit wajah akan menjadi putih namun tidak wajar.
  3. Selenium Sulfide, yang biasanya terdapat dalam sampo anti ketombe.
  4. Fenilendiamin pada cat rambut.
  5. Coal tar pada produk sampo.
  6. Centella asiatica, merupakan jenis vitamin A dan K yang terdapat pada krim pencegah strech mark.
  7. Minoxidil dalam cairan penumbuh rambut.
  8. Bahan kimia yang terkandung dalam obat oles penghilang bulu.

Selalu perhatikan produk yang hendak digunakan agar tetap aman berkosmetik saat hamil. Hindari mencoba kosmetik baru ketika sedang hamil. Sungguh sangat berbahaya, jika kosmetik yang tidak aman digunakan secara terus menerus, lama kelamaan zat beracun tersebut akan terakumulasi sehingga bisa menyebabkan janin menjadi cacat.

 Aman Berkosmetik Saat Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *