2 Jenis Keriput di Wajah

Munculnya keriput di wajah, saat ini tidak hanya tergantung dari usia seseorang. Orang dengan usia masih muda pun bisa saja wajahnya tidak kencang lagi dan mulai keriput. Penyebab keriput pun berbeda-beda, ada yang karena faktor dari dalam atau ada juga yang terjadi karena faktor dari luar tubuh.

Ada 2 macam jenis keriput di wajah yang dapat kita ketahui :

Keriput Halus (fine wrinkle)

Keriput ini terjadi karena  berkurangnya jumlah jaringan kolagen, elastin dan akibat menurunnya aktivitas sel fibroblas (penghasil kolagen dan elastin). Ketiga zat tersebut terdapat pada lapisan kulit bagian tengah (dermis) dan memiliki fungsi sebagai pengencang dan penunjang kulit.

Selain karena faktor usia, keriput di wajah juga bisa timbul akibat paparan sinar matahari. Sinar UVA dan UVB yang bersumber dari matahari terdapat juga pada alat-alat modern yang sering kita gunakan seperti layar komputer, api kompor gas dan lampu TL.

Polusi udara, asap rokok, cuaca yang selalu berubah dengan ekstrem juga dapat merusak jaringan kolagen. Selain itu, makanan dengan gizi kurang seimbang, diet terlalu ketat, stres, emosi dan kurang tidur di malam hari dapat mempercepat munculnya kerutan halus di wajah.

Keriput dalam (deep wrinkle)

Keriput dalam, seringkali terlihat pada dahi atau di tengah kedua alis mata.  Jenis keriput ini terjadi karena jaringan otot di bawah kulit menjadi tidak lentur, tebal dan keras yang disebabkan karena ekspresi wajah yang berlebihan dan terus menerus. Contohnya, ketika sedang marah, kesal atau mengerutkan dahi karena silau melihat cahaya.

Mengatasi kerut dalam dapat dilakukan dengan cara melumpuhkan otot yang terlanjur sudah kaku tersebut. Secara medis seringkali menggunakan suntik BOTOX ke dalam otot yang kaku. Namun, untuk menghindari efek yang tidak diinginkan, ada cara yang aman untuk menghilangkan keriput dalam ini. Dengan banyak tersenyum, otot untuk tersenyum dapat dipakai untuk mengendurkan otot ekspresi marah. Kemudian, pakailah kaca mata hitam bila berada di tempat yang banyak cahaya dan menyilaukan.

Apapun jenis keriput di wajah, dapat dikurangi dengan cara menghindari penyebab timbulnya kerutan. Menjaga pola hidup yang sehat, hindari lelah, stres dan rutin berolahraga dapat membuat wajah segar dan bebas keriput.

2 Jenis Keriput di Wajah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *